Tanaman Adas Untuk Obat Alami

Di Indonesia adas telah dibudidayakan sebagai tanaman bumbu atau tanaman obat. Adas menghasilkan minyak yang digunakan dalam industri obat - obatan, Adas juga dipakai untuk bumbu,atau dipakai sebagai bahan yang memperbaiki rasa.dan mengharumkan ramuan obat,biasanya adas ini dugunakan bersamaan dengan kulit batang pulo sari,begini penampakan tanamanya.
Sifat dan khasiat
   Buah yang telah masak dikumpulkan lalu dijemur sampai kering.Buah adas masak berbau aromatik,rasa sedikit manis ,pedas,hangat,masuk meridian hati,ginjal,limpa,dan lambung. Buah ini bermanfaat untuk mengatasi sakit perut (mulas), perut kembung, rasa penuh lambung,mual,muntah,diare,sakit kuning,kurang nafsu makan,batuk berdahak,asma,nyeri haid,haid tidak teratur,ASI sedikit,putih telur dalam kencing,Insomnia,pembengkakan saluran sperma (epididimis) ,buah pelir turun (orchidoptosis), penimbunan cairan dalam kantung buah zakar (hidrokel testis), mengurangi sakit akibat batu dan membantu menghancurkannya, rematik gout, serta keracunan akibat tanaman obat dan jamur,
 daunnya sendiri bekhasiat mengatasi batuk,perut kembung,kolik,rasa haus dan meningkatkan penglihatan.

      Untuk Obat nya sendiri yang diminum, rebus buah adas (3-9 g) atau giling halus buah adas, lalu seduh dengan air mendidih dan minum sewaktu hangat.bisa juga daunnya atau sebagai sayuran.
      Untuk pemakaian luar, giling halus buah adas yang sudah dikeringkan,lalu gunakan untuk pemakaian lokal pada sariawan,sakit gigi, sakit telinga, dan luka, Minyak adas juga berkhasiat untuk menggosok tubuh anak yang masuk angin.

Saya akan memberikan beberapa contoh pemakaian atau racikannya
1. Batuk
    Siapkan serbuk buah adas (5g), seduh dengan 1/2 cangkir air mendidih. setelah dingin, saring     
    airnya dan tambahkan 1 sendok teh madu,aduk sampai merata, minum sekaligus lakukakn 2 x  
    sehari sampai sembuh
2. Sesak Napas
     Ambil minyak adas (10 tetes ), seduh dengan satu sendok makan air panas, minum selagi hangat, 
     lakukan ini 3 x sehari sampai sembuh.
3.  Batu empedu
     Siapkan serbuk buah adas (5 g) lalu seduh dengan 1 cangkir air panas.minum setelah dingin
     lakukan ini setiap hari sampai sembuh.
Kesimpulannya ternyata banyak sekali manfaat dari tumbuhas adas ini ,yang perlu diingat hati - hati dalam mengkonsumsi obat - obat alami dalam dosis besar,dan pemakaian adas kadang memnyebabkan sering buang angin dan sendawa.semoga artikel saya ini bisa bermanfaat untuk orang banyak.
     




Comments

Popular posts from this blog

Tanaman Patah Tulang,Obat Rematik,nyeri Lambung,sifilis,wasir,kusta dll

Manfaat Bayam Untuk Meningkatkan Kinerja Ginjal dan Pencernaan

Cara Membuat Candle cake (kue lilin)